Yogyakarta, Ricky Komo di kritik keras oleh GKR Bendara (Putri Sultan Hamengkubuwono X) dan di hujani kritikan oleh berbagai pihak serta netizen. Presenter sebuah reality show, Ricky Komo, mendadak jadi tenar di Yogyakarta dan juga di media sosial. Pasalnya, ketika akan syuting reality show “Katakan Putus”, dia justru melakukan kesalahan fatal. Ricky Komo tampak naik peninggalan sejarah “Plengkung Gading” dan menginjak-injak tepinya Dan juga tidak melewati tangga yang sudah disediakan sebagaimana mestinya. Sontak netizen pun kesal dengan kelakuan Ricky Komo.ricky-komo-dikritik keras-oleh-gkr-bendara-1

Dari video yang diunggah di akun Instagram @lambe_turah, tampak Komo Ricky akan syuting reality show Katakan Putus di Jogja. Saat berada di Plengkung Gading, dia justru melakukan tindakan yang kurang beretika. Ia naik ke atas Plengkung Gading, mengangkat tangannya, kemudian turun ke bawah. Sayangnya, ia turun dengan cara yang kurang sopan. Alih-alih turun lewat tangga, ia malah turun lewat tembok Plengkung Gading. Sontak hal ini mengundang kemarahan netizen karena situs ini termasuk situs yang dimiliki kraton dan memiliki nilai sejarah yang luhur.
Hal ini sampai mengundang reaksi dari putri kraton, GKR Bendara. Ia mengkritik perilaku Komo Ricky yang seakan tidak menghormati situs bersejarah di Jogja.

Setelah sempat heboh, akhirnya Komo Ricky mengunggah video permohonan maaf kepada Kraton dan juga publik Jogja. Saat syuting reality show Katakan Putus, Komo Ricky tampak naik di atas Plengkung Gading. Setelah bergaya di atas plengkung, ia kemudian turun dengan cara yang tidak memiliki etika.

Tak cuma di-repost oleh akun Jogja, GKR Bendara yang merupakan putri bungsu Sri Sultan Hamengkuwono Buwono juga turut geram. Melalui akun Instagram pribadinya, putri Jogja ini menuliskan,”Mau syuting film silahkan tp jaga sopan santun anda. Plengkung ini adalah situs bersejarah, anda boleh msh muda dan bukan asli jogja tp sopan santun terhadap benda bersejarah tetap di patuhi. @lambe_turah tolong di sampaikan, terima kasih.”

ricky-komo-dikritik keras-oleh-gkr-bendara-3

Video ini langsung viral dan telah disaksikan puluhan ribu netizen. Kebanyakan turut menyayangkan aksi kurang etis presenter TV ini. Komo Ricky akhirnya mengunggah video permohonan maaf setelah perbuatannya dihujat netizen. Ia mengaku tidak mengetahui dan meminta maaf kepada pihak kraton atas kesalahannya tersebut. Apalagi ia ditegur langsung oleh putri Sir Sultan Hamengkubuwono X, GKR Bendara agar lebih sopan ketika datang ke tempat bersejarah. Ya harus kita maafkan ya. Mudah-mudahan ia tak mengulangi lagi perbuatannya tersebut.

ricky-komo-dikritik keras-oleh-gkr-bendara-2Baca juga:

Semoga jadi pelajaran buat kita semua ya. Bahwa kita harus menghormati budaya dan situs bersejarah di tempat manapun yang kita datangi. Sikap yang sopan dan santun harus senantiasa kita punyai agar tidak gampang menyinggung orang lain. Kebanyakan turut menyayangkan aksi kurang etis presenter TV ini.

“Oalah berdoa wae mas mugo koe tansah slamet (berdoa saja kamu diberi keselamatan) @komoricky karo tansah eling (dan selalu ingat) dimana bumi dipijak disitu langit dijunjung sing uwis yo uwis jo baleni maneh (yang sudah ya sudah jangan diulangi lagi),” komentar netizen bernama @dayat_soka. “Setuju gusti @gkrbendara orang engga tau tata krama dan tidak menghargai situs2 bersejarah,” pemilik akun @dimasputratabu menanggapi. “Betul Sekali… Hormati adat istiadat dan sopan santun dimanapun anda berada,” akun @witarto_hsh menimpali. (VT)

Advertisements